Kamis, 29 November 2012

Quote bang Salim A. Fillah #part 1

Apa makna sakit bagi Shalih(in+at)? Masih menggelimbang-gelimbungi ranjang dengan radang tenggorok, demam, & serak; kita bincang ulang ya :)

1. #Sakit adalah bagian dari musibah yang telah Allah ukur kadarnya; tuk dihadiahkan pada hamba-hamba terpilih yang mampu menanggungnya.

2. #Sakit, sebagaimana tiap ujian, bukan menguji kemampuan sebab telah ditakar sesuai daya tahan. Ia menguji kemauan kita memberi makna.

3. Maka dia yang mampu memberi makna terbaik bagi #Sakit, Allah angkat kemuliaannya & membuat malaikat yang selalu sehat itu tertakjub.

4. Sungguh mempesona yang pernah memaknai #Sakit & musibah, ujarnya, “Tugas kita meng-HADAP-i, biar Allah yang meng-ATAS-i!

5. #Sakit adalah jalan kemuliaan Nabi Ayyub yang menyejarah. Kesabarannya diabadikan jadi teladan semesta. Hari ini kita bercermin padanya.

6. #Sakit orang mulia bersebab kemuliaan; Asy Syafi’i wasir sebab banyak duduk menelaah ilmu; Malik lumpuh tangannya dizhalimi penguasa.

7. Nabi kitapun #Sakit oleh racun paha kambing di Khaibar yang menyelusup segigit pertama melalui celah giginya nan patah di perang Uhud.

8. Tetapi bahkan mereka yang penyebab #Sakit-nya tak semenakjubkan para luhur itu, tetap punya peluang menjadi mulia dengan memaknainya.

9. #Sakit itu dzikruLlah. Mereka yang menderitanya umumnya kan lebih sering & syahdu menyebut asma Allah dibanding ketika dalam sehatnya.

10. #Sakit itu istighfar. Mereka yang sedang disapanya lebih mudah teringat dosa-dosa lama, mengakuinya, & bertaubat mohon ampunanNya.

11. #Sakit itu Tauhid. Mereka yang parah dicengkamnya pasti berupaya & dituntun tuk ber-kalimat thayyibat, mengesakanNya dalam lisan & rasa.

12. #Sakit itu Muhasabah. Dia yang sedang sakit punya lebih banyak waktu untuk merenungi diri dalam sepi, menghitung-hitung bekal kembali.

13. #Sakit itu Jihad. Dia yang sakit tak boleh menyerah kalah; tersunnah untuk terus berikhtiar, berjuang bagi kesembuhan & pemulihannya.

14. #Sakit itu ilmu. Dalam menjalani pemeriksaan, konsultasi pada dokter, dirawat, & berobat; bertambahlah pengetahuan tentang tubuhnya.

15. #Sakit itu Nasehat. Yang sakit mengingatkan si sehat tuk jaga diri. Yang sehat hibur si penderita agar bersabar. Allah cinta keduanya.

16. #Sakit itu silaturrahim. Yang jarang datang di saat si bersangkutan sehat wal afiat, tiba-tiba menjenguk dengan senyum & rindu mesra.

17. #Sakit itu perekat ukhuwah sesama. Kawan lama nan tak bersua bertahun lamanya, tiba-tiba berjumpa di waktu membezuk kolega lainnya.

18. #Sakit itu belajar. Berbaring setengah duduk memungkinkan tekun mencerap ilmu lewat buku, kalimat terucap, maupun gambar bergerak.

19. #Sakit itu membaca, menulis, berkarya. Gurunda @h_elshirazy menggoreskan 'Ayat-ayat Cinta' saat terbaring patah kaki karena kecelakaan.

20. #Sakit itu dijamin cinta Allah dalam sabarnya; sabar tetap ibadat, sabar tak bermaksiat, sabar tahan derita, sabar menunda capaian.

21. #Sakit itu penggugur dosa. Barang haram terselip tubuh dilarutkan di dunia; anggota badan yang mungkin berdosa dinyerikan & dicuciNya.

22. #Sakit itu mustajabah doanya. Sampai-sampai Imam As Suyuthi berkeliling kota mencari orang sakit, lalu minta didoakan oleh mereka.

23. #Sakit itu salah satu keadaan yang menyusahkan syaithan; diajak maksiat tak mampu & tak mau; dosa nan lalu malah disesali lalu diampuni.

24. #Sakit itu membuat kita sedikit tertawa & banyak menangis; satu perilaku keinsyafan yang disukai Nabi & makhluq-makhluq langit.

25. #Sakit itu meningkatkan kualitas ibadah; ruku’-sujud lebih khusyu’, tasbih-istighfar jadi lebih sering, & tahiyat-doa jadi lebih lama.

26. #Sakit itu memperbaiki akhlaq; kesombongan terkikis, sifat tamak dipaksa tunduk, bicarapun dibiasakan santun, lembut & tawadhu'.

27. #Sakit membuat kita lebih serius mengingat & mempersiapkan kematian. Dia yang merasa dekat dengan maut, menghargai waktunya lebih baik.

28) #Sakit itu pengingat berharganya nikmat sehat. Kita sering merasa bahwa ia hak kita karena lazimnya; padahal menuntut syukur padaNya.

Demikian Shalih(in+at) bincang sekelumit tentang sakit. Semoga Allah tolong kita tuk menjadi hamba yang penuh syukur di segala keadaan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar